Kendaraan Perang Disiapkan Kawal Persija Ke GBLA

Kendaraan Perang Disiapkan Kawal Persija Ke GBLA

Kendaraan Perang Disiapkan Kawal Persija Ke GBLA

www.maungbandung.com – Pengamanan dengan menggunakan rantis atau kendaraan taktis sepertinya sudah menjadi kendaraan wajib di setiap ada pertandingan panas antara PERSIB BANDUNG kontra Persija Jakarta dalam beberapa edisi pertemuannya di Liga Indonesia.

Berita Persib Terbaru mencatat, Tim sering kali memilih menggunakan rantis, baik saat Persib bertandang ke Jakarta atau sebaliknya. Kondisi demikian dilakukan untuk pengamanan ekstra dari pihak kepolisian demi melindungi pemain, pelatih, manajemen serta official tim yang akan melakukan laga.

Kendaraan Perang Disiapkan Kawal Persija Ke GBLA

Adalah efek suporter yang sering bertindak mencederai tim lawan untuk memberikan shock therapy sebelum bertanding. Suporter Persib (bobotoh) dan suporter Persija (Jakmania) memang dikenal sering berselisih dan menimbulkan gesekan.

Tak ayal duel kedua tim ini sering juga disebut duel antara musuh bebuyutan yang panas di dalam maupun luar lapangan, sehingga akan selalu menjadi perhatian banyak kalangan terutama keamanan untuk mengantisipasinya.

Info Persib mencatat, Skuat Persib pernah merasakan hal yang membahayakan dari beberapa kali pertemuan saat mereka datang ke Jakarta, tanpa menggunakan rantis dan hanya memakai kendaraan bus saja.

Musim 2013 bus yang berisi awak Persib dilempari batu dan bom molotov oleh oknum suporter Persija. Beberapa pemain mengalami luka dan Persib gagal bertanding kala itu di Stadion Gelora Bung Karno.

Jauh sebelumnya, Persib juga pernah dinyatakan kalah walk-out (WO) karena menolak bertanding di ligina musim 2005, sebab ancaman serta beberapa lemparan ke kaca bus.
Tim yang saat itu diarsiteki Indra Thohir memilih pulang ke Bandung karena Stadion Lebak Bulus Jakarta-venue laga-dipenuhi sesak suporter lawan hingga mereka membanjiri settle ban stadion.

Lalu bagaimanakah edisi pertemuan Persib vs Persija kali ini di markas anyar Persib di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Sabtu (16/7) malam dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) A 2016? Dalam rapat koordinasi pengamanan di Mapolrestabes Bandung, Rabu (13/7) pihak kepolisian juga menyediakan kendaraan rantis baja untuk Persija.

“Kita akan sediakan juga kendaraan rantis jika diperlukan untuk pengamanan nanti,” sebut Kombes Pol Winarto dalam rapat koordinasi pengamanan Persib vs Persija, Rabu (13/7) siang, bersama Panitia Pelaksana pertandingan kandang Persib dan bobotoh.

Meskipun demikian pemakaian kendaraan tersebut belum mau diminta pihak Persija. Melalui sekretaris umum Persija Jakarta, Budiman A Dalimunthe, mengatakan soal pemakaian rantis untuk timnya akan diserahkan kepada pihak keamanan.

“Jadi saya serahkan ke pengamanan, mereka punya intel lebih tahu kondusif atau tidak nanti sebelum pertandingan nanti,” kata Budiman saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa usai melakukan rapat koordinasi.

“Itu (pemakaian kendaraan rantis) akan disampaikan secara teknis nanti. Bukan sekali saja kan laga seperti ini, sejauh ini makin lama makin baik pengamanan tim makin lama makin membaik, komunikasi semakin cepat dan lancar, jadi nanti akan disampaikan,” terangnya.

Di sisi lain Budiman juga mempercayai bahwa bobotoh akan ikut mengamankan pertandingan dengan tidak melakukan gangguan kepada kubu Macam Kemayoran.

“Saya percaya di sisi lain bobotoh dewasa, saya lihat bobotoh sama-sama belajar dan cinta Persib tak ingin bikin timnya kena hukum kaya kita, sangat disayangkan kalau bobotoh tidak diperbolehkan mendukung, kaya Persija,” tukasnya

Loading...

Leave a Reply